Welcome

Enjoying Inside

Mengenai Saya

Foto saya
I can be what i want, always be myself, n never thinks about what people think, cz i am the owner of myself. life must go on, n never flat. trust that GOD always with u.

Kamis, 11 September 2008

ENCENG GONDOK ??? ada apa y dengan enceng gondok

Enceng Gondok selama ini telah dikenal sebagai tanaman gulma alias hama. Padahal enceng gondok sebenarnya mempunyai kemampuan menyerap logam berat dan zat pencemar. Kemampuan ini telah diteliti di laboratorium Biokimia Institut Pertanian Bogor, dengan hasil yang luar biasa. Pemanfaatan enceng gondok untuk memperbaiki kualitas air tercemar telah biasa dilakukan, khususnya terhadap limbah domestik dan industri, sebab enceng gondok memiliki kemampuan menyerap zat pencemar yang tinggi daripada jenis tumbuhan lainnya.

Kecepatan penyerapan zat pencemar dari dalam air limbah oleh enceng gondok di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya komposisi dari kadar zat yang terkandung dalam air limbah, kerapatan enceng gondok, dan waktu tinggal enceng gondok dalam air limbah. Dari percobaan laboratorium diperoleh kesimpulan bahwa kecepatan penyerapan nitrogen (N2) yang maksimum dipengaruhi oleh kerapatan tanaman, sedangkan kecepatan penyerapan phospat (P) tidak saja dipengaruhi oleh kandungan phospat dalam air dan kerapatan enceng gondok, tetapi dipengaruhi pula oleh kadar phospat dalam jaringan. Faktor penunjuk lainnya yang mempengaruhi penyerapan senyawa nitrogen dan phospat adalah waktu detensi zat tersebut di dalam limbah yang ditumbuhi oleh enceng gondok.

Interaksi antara kandungan zat di dalam air dan kemampuan menyerap zat tersebut dari dalam air oleh enceng gondok dapat dilihat dari hasil percobaan dengan menggunakan kultur jaringan Hoagland. Pada percobaan lain diperoleh bahwa bila kadar phospor dalam medium tinggi, penyerapan zat tersebut meningkat, khususnya jika di dalam media tersebut terdapat kadar nitrogen yang tinggi.

Besarnya kandungan suatu zat di dalam air limbah akan mempengaruhi peningkatan biomassa tanaman. Dari hasil penelitian, kandungan unsur hara yang berlebihan di dalam air limbah dapat menimbulkan keracunan organ enceng gondok. Hasil percobaan menyatakan enceng gondok menunjukkan gejala keracunan bila kadar nitrogen di dalam media mencapai 6,525 mg/liter (Laboratorium Biokimia, IPB)

Tidak ada komentar: